Seiring dengan arus urbanisasi yang semakin meningkat, maka kebutuhan akan tempat tinggal di kota-kota besar juga semakin bertambah. Jika seseorang memiliki pekerjaan di pusat kota besar, maka piihan terbaiknya adalah membeli rumah sendiri sebagai tempat tinggalnya. Memang, harga rumah yang berada di pusat kota besar cenderung mahal, namun kemudahan akses dan investasi jangka panjang akan memberikan keuntungan bagi pemiliknya.

Nah, untuk itu anda harus jeli dalam menilai kondisi rumah dijual yang berlokasi di kota besar. Kita tahu kalau hidup di kota besar juga berarti kita harus siap dengan kondisi udaranya yang banyak terkontaminasi polusi. Maka dari itu, pastikan terdapat penghijauan di sekitar rumah tersebut, atau setidaknya terdapat area yang bisa anda tanami sesuatu. Jangan sampai membeli rumah dijual berukuran megah dan berharga mahal namun ternyata kurang sehat bagi keluarga anda.

Selain itu, persaingan yang ketat di kota besar membuat tindak kejahatan sering terjadi. Maka dari itu cari tahu terlebih dahulu mengenai lingkungan tersebut. Apakah area tersebut cukup sering terjadi tindak kejahatan atau tidak. Setelah anda mendapat informasi dari warga sekitar mengenai catatan kriminal di daerah tersebut, selanjutnya anda pastikan tersedianya kegiatan keamanan seperti pos satpam yang ditugaskan untuk berjaga.

Jika pembelian rumah dijual anda hanya untuk keperluan tempat tinggal, tidak untuk membuka usaha misalnya, maka anda tidak perlu mencari rumah yang berlokasi di pinggir jalan. Hal ini karena rumah di pinggir jalan tingkat resiko polusinya lebih besar, baik itu polusi udara maupun polusi suara dari kendaraan-kendaraan yang lewat. Jika hal tersebut terjadi tentunya rumah anda tidak akan nyaman untuk jangka panjang.